Monday 1 December 2014

Cara membedakan burung kutilang jantan dan betina



         Burung kutilang merupakan burung yang populasinya sekarang semakin menurun,karena banyak orang yang saat ini  menangkapnya untuk diperjual belikan untuk dijadikan peliharaan di rumah.tak disangka burung yang tadinya hanya sebagai peliharaan di rumah,sekarang di beberapa daerah ada yang mengikut sertakan burung ini sebagai burung kontes,tapi hanya di beberapa daerah saja,karena masih banyak orang yang kurang tertarik pada burung ini,soalnya burung ini dianggap dapat merusak suara burung kicauan lain yang berada didekatnya.
sekarang saya akan bembahas cara mudah membedakan burung kutilang jantan dan betina.
langsung saja....!kalau kurang jelas lihat gambar.
Burung kutilang jantan

Ciri burung kutilang jantan :
  • Mempunyai bentuk kepala yang agak besar
  • Jambulnya tegak terus saat bersuara,juga lebih panjang
  • Postur tubuh agak besar sedikit dibandingkan yang betina
  • Pada bagian bawah ekor mempunyai warna bulu orange terang
  • Suaranya variatif tidak monoton juga tidak puputus-putus


Burung kutilang betina
Ciri burung kutilang betina :
  • Mempunyai bentuk kepala yang agak kecil sedikit
  • Jambulnya jarang tegak juga pendek
  • Postur tubuhnya lebih kecil
  • Pada bagian bawah ekornya mempunyai warna bulu kuning pudar
  • Suaranya cenderung monoton juga tidak keras
  • Sering putus-putus saat bersuara
sekilas ciri-ciri burung kutilang jantan dan betina,apabila ada yang berminat memelihara burung ini,silahkan beli di pedagang burung atau bisa menangkapnya di hutan,tapi ingat jangan menangkapnya terlalu banyak karena dapat merusak ekosistem dihabitat aslinya,juga kita harus menjaga kelangsungan hidupnya di hutan,supaya kita masih bisa mendengarkan kicauan burung ini di alam bebas.Terimakasih,semoga bermanfaat....! kalau ada yang masih salah,mohon dimaafkan ya....

39 comments:

  1. Gan mau tanya kalo burung jantan sama betina di satuin ko malah berantem??
    Yg betina di kejar2 trs, apa gpp itu ya?

    ReplyDelete
  2. gapapa sih ! tapi kasian yang betina nya,kalau bisa sih dipisah aja,biar yang jantannya bunyi terus. :)

    ReplyDelete
  3. saya punya 3 ekor piara dari lolohan, 1 sudah berumur 1,5 tahun dan sudah gacor,
    yang 2 masih berusia +/- 3 bulan. saya beli akhir bulan juni lalu dan saya tempatkan pada sangkar terpisah, saat ini keduanya sudah rajin ngriwik. dari ke3 burung tsb saya masih belum bisa membedakan jenis kelaminnya.. memang sulit untuk membedakan antara jantan dan betina.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. gan macam mana mikat burung kutilang yg ampuh ? tlong y gan ksih thu cara y .....

    ReplyDelete
  6. setau saya kalau mikat burung kutilang,burung pemikatnya harus dari anakan.

    ReplyDelete
  7. Gue paling penyayang binatang , waktu memelihara kutilang dari anak , sdh pandai bersiul , sekitar sepuluh bulan lepas dari kandang gak tau kemana , jadi sedih , gak kelihatan lagi , kira 2 masih bisa di dapetin lagi gak ya

    ReplyDelete
  8. gan mau tanya kutilang q dibagian anusnya warna kuning pudar tapi suaranya keras dan tidak monoton juga sereng ngriwik jantan atau betina ya

    ReplyDelete
  9. saya pernah punya usianya sampai 12 tahun..

    ReplyDelete
  10. meskipun warna bulunya kuning pudar,tapi kalau postur tubuhnya besar dan jambulnya jarang ke bawah,itu kutilang jantan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berati ciri" di atas juga pasti dong

      Delete
  11. Gan kalo mau pesan burung kutilang gmn...? Dmn.?

    ReplyDelete
  12. Mantap gan, awalnya cm 1 ekor jantan. Setelah saya gabungkan dgn betina, suaranya g putus2. Langsung dekat2an lg...mungkin jodoh ya.

    ReplyDelete
  13. Mantap gan, awalnya cm 1 ekor jantan. Setelah saya gabungkan dgn betina, suaranya g putus2. Langsung dekat2an lg...mungkin jodoh ya.

    ReplyDelete
  14. Ane ada stok siapa mau pesan silahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. no hape yang bisa dihubungi ???...

      Delete
  15. baru umur 1 bulan gan udah bisa berkicau ngeriwik malah sering. joss..lah.
    eniwei suara asli nya malah gak ada

    ReplyDelete
  16. punya ane masih kecil gan baru belajar terbang ...lumayan jinak

    ReplyDelete
  17. Gan saya mau nanya, tpi tntng jalak,
    Saya punya jalak kebo, ciciri pisik, jantan, baru saya beli dari ombyokan, 2 minggu yg lalu, bunyinya nyiul trus, dan jarang ngekek,
    Apakah ini betina atau lanang ? Trim gan

    ReplyDelete
  18. Gan saya mau nanya, tpi tntng jalak,
    Saya punya jalak kebo, ciciri pisik, jantan, baru saya beli dari ombyokan, 2 minggu yg lalu, bunyinya nyiul trus, dan jarang ngekek,
    Apakah ini betina atau lanang ? Trim gan

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Gan saya mau nanya, tpi tntng jalak,
    Saya punya jalak kebo, ciciri pisik, jantan, baru saya beli dari ombyokan, 2 minggu yg lalu, bunyinya nyiul trus, dan jarang ngekek,
    Apakah ini betina atau lanang ? Trim gan

    ReplyDelete
  21. Gan ada brpa jenis kutilang di indonesia..
    Dan yang paling bagus dan mahal harganya jenis kuilang apa??

    ReplyDelete
  22. Gan ada brpa jenis kutilang di indonesia..
    Dan yang paling bagus dan mahal harganya jenis kuilang apa??

    ReplyDelete
  23. Dengan kriteria ciri2 yg anda sebut kàn itu burung kutilang dalam usia berapa bulan/tahun bisa di ketahui jantan atau betina?

    ReplyDelete
  24. Dengan kriteria ciri2 yg anda sebut kàn itu burung kutilang dalam usia berapa bulan/tahun bisa di ketahui jantan atau betina?

    ReplyDelete
  25. Gan saya punya kutilang saya pihara dari lolohan,skarang dia dah jinak kalau di panggil namanya dia datang.kesukaannya dielus2 heheehe

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Gan mau tanya ane punya burung kutilang jantan tp ada yg ane gan.semenjak ane kasih jankrik burung ane bertelor gan yang ane tanyain koq bisa ya

    ReplyDelete
  29. kalau warna bulu pantat dua burung yang diatas, itu sudah beda jenis om. jadi warna kuning atau oranye / merah bukan penanda kelamin.
    maaf sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hxixixixixixi.....
      Oh gitu punya ane yg kuning pudar ada 2 ekor cara bedain jantan betinanya gimana gan.
      Thx banyak tas pencerahanya.

      Delete
    2. Ente bener

      Delete
  30. Saya Punya Kutilng Jantan..Di Dekat Ekor Nya Berwarna Kuning Orange ...
    Tapi Ekor Nya Tercabut Karena Kena Lem Jadi Gan , Gimana Cara Cepat Tumbuh Ekor Burung Kutilang

    ReplyDelete
  31. Om saya punya kutilang 2 patuknya beda ada yg item kereng sama itemnya kurang yg mana ya yg Jantan

    ReplyDelete
  32. Gan ane punya kutilang..beli udh dewasa
    Sukanya makan pisang,buah2an,pertanyaanya?kenapa ga doyan makan pur..???

    ReplyDelete
  33. Apakah bulu rambut pada bagian kepala belakang merupakan ciri jantan??.seperti pada burung trucukan

    ReplyDelete